Monday, July 19, 2010

(ArBer)Jangan hanya karena demi persahabatan!


Jangan hanya karena demi persahabatan!


Saat ini mungkin akan sangat mudahuntyuk mendapatkan seorang teman, apalagi dengan berkembangnya dunia teknologi. Banyak situs atau jaringan sosial yang memungkinkan kita berkenalan dengan banyak orang dimanapun mereka berada. Intinya tidak sulit mendapatkan teman, namun untuk bisa mendapatkan seorang teman yang mempunyai ikatan lebih erat(persahabatan/seorang sahabat) mungkin diperlukan syarat dan kondisi tertentu.


Untuk mendapatkan seorang sahabat, biasanya memerlukan waktu yang tidak cepat. Bisa juga persahabatan terjalin oleh karena sama-sama menyukai atau membenci sesuatu hal. Ada lagi karena perasaan iba atau karena hutang budi. Satu hal yang kurang baik dan sering terjadi adalah, karena ingin lebih terkenal atau bisa lebih dihargai. Biasanya gensi dan kebanggaan sudah menjadi impiaan kita jika bersahabat dengan orang-orang tertentu, maka kita akan mudah terseret ke dalam tindakan-tindakan yang melampaui akal sehat. Contoh sederhananya adalah banyak pemuda ingin masuk/menjadi anggota genk-genk motor. Seeprtinya mereka merasa bangga jika mereka diterima masuk dan bergaul dengan genk motor. Ada kebanggan saat ramai-ramai konvoi dengan jaket genk yang sama. Sayang sekali mereka banyak melakukan aksi kebrutlan dan kriminalitas, seperti merusak toko atau menjarahnya, ironis setiap anggota yang baru ditrimalah yang biasanya “diwajibkan” melakukan tindakan tersebut. Atas maka kesetiaan dan persahabatan antar sesama anggota genk, maka “anak-anak bawang” tersebut mau tidak mau akhirnya rela juga melakukan tindakan buruk tersebut.


Persahabatan yang sejati seharusnya adalah persahabatan yang dilandasi oleh kasih serta kerelaan menerima apa adanya. Tidak perlu persyaratan khusus untuk melakukan ini atau itu, apalagi hal – hal buruk yang harus dilakukan demi diterimanya sebagai seorang sahabat. Persahabatan yang baik seharusnya mencerminkan terang kasih Tuhan, serta yang terpenting kedua pihak rela salaing membantu dan menanggung beban bersama dan bukannya saling memanfaatkan demi kepntingan tertentu.


Untuk menjalin sebuah ikatan persahabatan sejati tidak dibutuhkan syarat khusus selain kerelaan hati untuk saling berbagi, menghargai dan mengasihi!


Ada teman yang mendatangkan kecelakaan,

Tetapi ada juga sahabat yang karib

Dari pada seorang saudara”

Amsal 18:24


GOD Bless U

No comments: