Tuesday, August 24, 2010

(ArBer)Percaya diri saja tidak cukup.


Percaya diri saja tidak cukup.


Tanpa rasa percaya diri, bisa jadi kita selalu ragu dalam melakukan segala sesuatu. Rasa percaya diri juga memompa semangat serta menimbulkan keberanian. Percaya diri bukanlah suatu sikap yang negatif, namun jika hanya mengandalkan percaya diri saja, belum tentu segala hal bisa diselesaikan dengan baik.


Akhir-akhir ini banyak fenomena pejabat publik yang hanya mengandalkan percaya diri untuk berbicara didepan

publik. Tanpa persiapan banyak pejabat publik yang berbicara seenaknya saja. Mereka berbicara dengan sangat yakin, walaupun sebenarnya mereka belum menguasai masalah yang dibicarakan. Bahkan beberapa anggota dewan yang terhormat terbiasa berbicara dengan percaya diri akan sesuatu hal tanpa didasari dukungan fakta – fakta yang jelas. Rasa percaya diri yang tinggi tanpa disertai latihan rutin, juga akan membuat seorang atlet gagal dalam sebuah pertandingan atau kompetisi. Bahkan bagi para Pendeta, kepercayaan diri saja kurang jika harus membawakan firman Tuhan, diperlukan penguasaan materi serta doa puasa sebelum berdiri di mimbar untuk membagikan firman Tuhan.


Rasa percaya diri adalah sifat yang harus selalu kita tanamkan dalam hidup ini, dengan rasa percaya diri, kita akan lebih semangat dalam menjalani aktivitas kita. Rasa percaya diripun akan lebih sempurna dan bermanfaat jika kita menggunakannya disertai dengan kemampuan – kemampuan lainnya(seperti kemampuan dalam bidang olah raga, akademis, ketrampilan, seni atau yang lainnya). Satu hal yang paling pentig adalah jangan sampai kita juga terlalu mengandalkan kmampuan kita untuk meningkatkatkan rasa percaya diri, karena akhir dari semua itu bisa jadi adalah perasaan tinggi hati/sombong. Berdoalah dengan penuh keberserahan kepada Tuhan, agar kita dapat memanfaatkan segala potensi kemampuan kita dengan sebaik-baiknya. Jika hal tersebut kita lakukan maka rasa percaya yang timbul selain didasari kemampuan kita, pasti juga didasari juga oleh iman kita kepada Tuhan.


Kucing pada gambar diatas mempunyai rasa percaya diri tinggi dan merasa dirinya seperti singa pada saat didepan cermin, akan tetapi jika kucing tersebut tidak belajar mengaum, percuma saja, jika dia merasa dirinya adalah singa.


“Demikianlah kita mempunyai

Karunia yang berlain-lainan

…..

Baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita”

Roma 12:6


GOD Bless u

No comments: