Wednesday, September 15, 2010

(ArBer)Kenakalan Remaja=tanggung jawab orang tua.


Kenakalan Remaja=tanggung jawab orang tua.


Remaja adalah para anak-anak muda yang masih dalam tahap pertumbuhan menuju dewasa. Pada masa ini seseorang sedang berada di tahap akhir dari anak-anak serta dalam tahap memasuki kehidupan dewasa. Pada tahap ini banyak sekali remaja yang “tersesat” dalam upaya pencarian identitas diri. Walaupun orang tua sangat protektif terhadap tingkah laku dan kegiatan remaja, tetap saja hal tersebut bukanlan jaminan untuk para remaja bebas dari pergaulan serta kenakalan remaja.


Orang tua bisa saja selalu memberikan nasihat-nasihat kepada anak remaja mereka, namun hal tersebut tidak menjamin anak remaja mereka bisa terhindar dari pergaulan yang buruk. Bahkan terkadang banyak orang tua yang over protektif terhadap anak remaja mereka. Pola pikir remaja masih sangat rentan terhadap permasalahan dan tekanan, maka tidak jarang sikap orang tua yang over protektiflah yang menyebabkan para remaja tersebut justru nekat melakukan banyak kenakalan remaja. Lalu kira-kira bagaimana cara yang efektif untuk mendidik serta mencegah para generasi muda penerus bangsa ini terhindar dari tindakan dan kelakuan yang buruk? Apakah pendidikan dari lembaga formil seperti sekolah sudah cukup untuk mendidik mereka?


Sebagai orang tua yang beriman, alangkah baiknya kita menerapkan didikan ataupun ajaran – ajaran kasih berdasarkan Firman Tuhan. Kita tak bisa mengandalkan pendidikan dari lingkungan pendidikan formil saja, akan tetapi sebagai orang tua kita harus turut mendidik serta mengajar mereka! Jangan mengajarkan akan hukuman, tetapi perbanyaklah porsi untuk memberithaukan akan segala konsekuensi yang akan mereka terima jika mereka melakukan ini ataupun itu! Berusahalah agar memberikan mereka pilihan, dan jangan terlalu mengarahkan mereka untuk memilih! Dan yang sangat penting adalah memberikan contoh serta mengajak mereka untuk lebih sering menyediakan waktu bersekutu dengan Tuhan!, karena apabila segala cara kita gagal membendung “kenakalan” mereka, akan tetapi kasih serta perlindungan Tuhan selalu menyertai mereka, oleh karena hubungan yang intim antara mereka dengan Tuhan.


Kenakalan remaja tidak akan terjadi apabila sejak dini para orang tua mendidik serta memberikan contoh nyata kehidupan ke-imanan yang sesuai kehendak-Nya kepada anak remaja mereka.


“Didiklah anakmu,

Maka ia akan memberikan ketentraman kepadamu

Dan mendatangkan sukacita

kepadamu”

Amsal 29:17


GOD Bless U

No comments: