Wednesday, November 24, 2010

(ArBer)Mendorong dengan kuat.


Mendorong dengan kuat.


Kita mungkin masih ingat dengan kalimat Tut Wuri Handayani, Tut Wuri artinya mengikuti dari belakang dan handayani berati memberikan dorongan moral. Kalimat ini dipopulerkan Ki Hajar Dewantara yang kita kenal sebagai bapak pendidikan modern. Kalimat ini sangat unik, karena mengandung intisari dorongan moral atau semangat kepada orang didepannya. Lalu apakah kita sudah pernah mempraktekkan secara nyata kalimat Tut Wuri Handayani ini?


Sebagai seorang yang berpengalaman di bidangnya, kita terbiasa membiarkan “anak-anak baru” yang belum berpengalaman untu bekerja sendiri. Biasanya setelah mereka melakukan kesalahan barulah kita datang bagaikan pahlawan. Hal itu masih bagus, sebagaian dari kita bahkan datang dengan berbagai cacian dan makaian serta kata-kata yang mematahkan semangat mereka. Akhirnya mereka yang masih baru dan belum berpengalaman menjadi kurang percaya diri dan mudah putus asa. Hal seperti ini banyak sekali terjadi dilingkungan kegiatan sekuler, bahkan terjadi juga di dalam ruang lingkup pelayanan dalam gereja.


Sebagai seorang yang berpengalaman atau lebih dahulu terjun dalam bidang pekerjaan atau pelayanan tertentu, kita seharusnya harus menjadi mentor yang baik. Menjelaskan dengan detail serta memberikan contoh kongkrit akan membuka wawasan mereka yang masih “hijau”. Setelah itu kita harus memberikan dukungan semangat ataupun dorongan moril agar mereka berani melangkah ke depan. Sadar ataupun tidak, kita bisa menjadi seperti saat ini, juga pastinya berkat bimbingan dan dorongan semangat dari para pendahulu kita. Oleh karenanya kita harus lebih kuat lagi mendorong semangat para jiwa muda untuk bekerja dan melayani lebih lagi dibandingakan dengan pekerjaan baik yang telah kita kerjakan demi kemulian nama Tuhan. Tidak hanya kepada mereka yang sudah berpengalaman, dalam hal mendorong serta memberikan semangat semua orang harus bisa melakukannya. Jika sudah tercipta susana saling memperhatikan dan saling mendorong, maka pekerjaan atau masalah apapun akan mudah diselesaikan.


Tidak masalah dari mana arahnya dorongan, asalkan dorongan tersebut kuat maka hasilnya pasti akan terlihat jelas.


“Dan marilah kita saling memperhatikan

Supaya kita saling mendorong’

Dalam kasih dan dalam pekerjaan baik”

Ibrani 10:24


GOD Bless u

No comments: