Thursday, February 24, 2011

(ArBer)Minta tolong atau nodong?


Minta tolong atau nodong?


Sampai ke esokan hari lagi, orang yang ingin mencari tumpangan tersebut belum tentu mendapatkan tumpangan. Penyebabnya bukan karena tidak ada oreang yang perduli terhadapnya, akan tetapi permasalahannya adalah karena orang tersebut membawa mencoba mencari tumpangan dengan membawa senjata tajam. Para pengendara mobil tentu saja tidak mau mngambil resiko memberikanya tumpangan, karena bisa jadi mereka malah menjadi korban perampokan dari orang yang membutuhkan tumpangan tersebut.


Sadar ataupun tidak terkadang kita juga salah dalam meminta bantuan. Penyebab tidak adanya pertolongan kepada kita, bisa jadi bukan karena orang-orang tidak menyukai kita. Bisa jadi karena kita meminta bantuan dengan cara yang salah(tutur kata yang sombong, waktu yang tidak pas, atau meminta tolong dengan paksaan dan ancaman). Apabila kita sudah membiasakan diri meminta bantuan kepada sesama dengan memaksa atau mengancam, bisa jadi kita juga melakukan hal serupa saat berdoa dan meminta tolong kepada Tuhan.


Permohonan kita yang sudah lama kita inginkan dan kita bawa dalam doa sepertinya belum ada jawaban dari Tuhan. Bila hal tersebut terjadi, alangkah baiknya kita memeriksa diri kita ataupun cara kita memohon dalam doa-doa kita. Berdoalah dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati!, janganlah memfoskan doa kita hanya kepada permohonan kita, akan tetapi senantiasa ucapkanlah rasa syukur kita kepada-Nya! Dan yang terakhir berserahlah kepada-Nya dan biarlah kehendak-Nya yang jadi, dan bukan kehendak kita! Tuhan tidak memandang siapa yang meminta tolong, apakah dia orang berdosa, orang jahat, orang berpangkat, orang tua bahakan anak kecil sekalipun, akan tetapi Tuhan memperhatikan cara mereka memohon, yaitu dengan memandang hati yang sungguh-sunnguh dan penuh keberserahan.


Siapapa saja boleh memohon pertolongan kepada Tuhan, akan tetapi mereka yang memohon dengan cara benarlah(sungguh-sungguh serta penuh keberserahan) yang akan didengar-Nya.


“Elia adalah manusia biasa sama seperti kita

Dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa

Supaya hujan jangan turun,

Dan hujanpun tidak turun di bumi

Selama tiga tahun dan enam bulan”

Yakobus 5:17


GOD Bless u

No comments: