Wednesday, August 10, 2011

(ArBer)Mulailah memikul!


Mulailah memikul!


Tidak sepatutnya anak-anak tersebut memikul barang dagangan mereka.(gambar diatas) Diumur seperti itu,(dibawah usia produktif) seharusnya mereka menghabiskan waktu untuk menuntut ilmu serta bermain bersama teman-temannya, akan tetapi realita kehidupan terkadang memaksa mereka untuk “memikul” beban kehidupannya sejak muda.


Masa muda adalah masa yang tepat untuk mengenal lingkungan. Apalagi bagi pria-pria remaja, masa muda adalah masa menunjukkan ataupun mengasah potensi dalam diri. Pada masa tersebut, para pria remaja biasanya cenderung egois. Jangankan diminta tolong untuk ikut berjuang mendapatkan nafkah, membantu orang tua saja butuh imbalan. Walaupun tidak semua remaja malas membantu orang tua, namun kenyataanya remaja saat ini lebih suka menghabiskan waktu bersama teman dibandingkan harus ikut memikirkan beban hidup keluarga mereka.


Bermain dan bersosialisasi memang adalah kebutuhan anak-anak remaja yang sedang bertumbuh, namun bukan berarti hal tersebut menjadi satu fokus dalan kehidupan mereka. Ada kalanya para remaja juga mulai diajari untuk “memikul” permasalahan kehidupan. Orang tua tentu juga tidak bisa serta merta meletakkan beban kehidupan keluarganya begitu saja kepada anak-anak remaja mereka, namun orang tua bisa membagikan beban kehidupan ini secara berimabang bagi mereka. Bagi para remaja pria hal ini akan cukup berguna, oleh karena suatu saat mereka akan berpisah dengan orang tua meeka dan memiliki keluarga sendiri. Di saat seorang pria remaja menjadi dewasa dan mempunyai sebuah keluarga, maka dia akan menjadi pemmimpin keluarga yang tangguh menghadapi badai masalah, sebab di masa mudanya dia sudah terbiasa “memikul” permasalahan hidup. Mulailah ikut serta memikul beban kehidupan sejak muda, dengan demikian kita akan terbiasa menghadapi segala permasalahan di masa tua.


Janganlah takut memikul beban hidup ini, karena Allah selalu siap membantu disaat kita tak mampu!


“Adalah baik bagi seorang pria

Memikul kuk

Pada masa mudanya”

Ratapan 3:27


GOD Bless u

No comments: