Monday, October 24, 2011

(ArBer)Mintalah secukupnya!


Mintalah secukupnya!


Ada beberapa jenis ikan yang memang terkenal rakus dengan makanan. Sebanyak apapun kita memberikan makan, pasti akan dihabiskan. Jadi jika nafsu makan ikan – ikan tersebut tidak bisa dikontrol, maka alangkah baiknya jatah makanannyalah yang dikontrol!


Siapapun tentunya akan jengkel apabila memliki hewan peliharaan yang rakus akan makanan. Bukanya menghibur dan menghilangkan stres, bisa jadi keberadaan hewan tersebut malah menambah beban biaya hidup kita. Sadar ataupun tidak sebenarnya kita juga mungkin sama dengan ikan-ikan yang mempunyai nafsu makan besar. Apalagi saat kita diberikan rejeki berlimpah, maka biasanya tanpa batas kita “menghabiskan” apa saja yang bisa kita dapatkan.


Bersyukurlah apabila Tuhan menyediakan rejeki yang lebih, namun kita juga harus hidup dengan penuh hikmat. Kita harus bertanggung jawab dalam mengolah rejeki yang Tuhan limpahkan, karena dalam rejeki kita juga terdapat hak orang-orang yang kurang mampu dan tentunya juga hak persepuluhan untuk Gereja. Namun yang lebih penting adalah jika kita meminta kepada Tuhan, maka mintalah secukupnya sesuai dengan kemampuan kita mempertanggung jawabkannya! Sebab berkat Tuhan sepertinya akan sia-sia, jika kita sendiri belum bisa memanfaatkannya! Bukannya sukacita yang kita dapatkan, malah nanti kita menjadi rakus dan haus akan harta benda! Jadi kendalikanlah nafsu kita terhadap kebutuhan dan harta duniawi, sebelum Tuhan “mengendalikan” jatah berkat yang akan kita dapatkan!


Makanan yang berlimpah terkadang membuat kita lupa bersyukur, karena yang kita pikirkan hanyalah “Bagaimana caranya menghabiskan makanan tersebut?”, jadi alangkah baiknya kita mendapatkan makanan secukupnya! Asal tidak kekurangan saja itu sudah cukup!


“Berikanlah kami pada hari ini

Makanan kami

Yang secukupnya”

Matius 6:11


GOD Bless u

No comments: